Saya bangga menjadi alumni SMALA P2-85. Saya bangga pernah sekolah di SMA terbaik negeri ini. Saya bangga tumbuh di lingkungan terbaik dalam hidup ini. Saya bangga mempunyai teman-teman terbaik yang setia, dalam suka maupun duka . . . . .

Best Surabaya Property Bulletin

Best Surabaya Property Bulletin


5 Langkah Memilih Lokasi Properti

Posted: 15 Aug 2009 01:00 AM PDT

5-langkah-memilih-lokasi-properti

Lokasi, lokasi dan lokasi !

Saya yakin anda telah mendengar jargon klise tersebut berulang kali. Lokasi adalah satu faktor penting dalam menentukan nilai suatu produk properti atau real estate. Pernyataan tersebut tepat dalam banyak situasi terutama untuk kategori rumah utama, rumah untuk di huni sendiri. Namun tidak demikian halnya untuk properti atau real estate untuk investasi.

Apabila saya dihadapkan dua pilihan antara rumah di lingkungan yang sunyi di ujung jalan atau rumah yang menghadap jalan raya yang ramai, tentu saya akan memilih yang di lingkungan tenang. Dengan kata lain rumah di lingkungan tenang tersebut memberikan nilai yang besar bagi pribadi saya. Sebaliknya apabila anda mencari lokasi real estate atau properti untuk investasi yang tidak akan pernah anda huni samasekali maka anda perlu memperhatikan indikasi utama seperti; harga/cashflow, infrastruktur, potensi pertumbuhan wilayah, kemudahan perijinan dan lain-lain. Lokasi memang pertimbangan utama namun jangan sampai mengabaikan faktor-faktor dalam proses membuat keputusan.

Bagaimanakah kita memilih lokasi properti untuk investasi ? Berikut ini beberapa metode yang dapat anda pertimbangkan dalam menentukan pilihan lokasi properti investasi anda.

1.      Terus ikutilah berita tentang perkembangan properti di wilayah yang anda inginkan. Ini bisa anda lakukan dengan memonitor berita di surat kabar. Dan cobalah berlangganan berita-berita properti pada website properti melalui akun email anda.

2.      Konsultasi dan bertanya kepada pakar properti dan real estate, seperti; agen / marketer properti, notaris atau perusahahan real estate. Terus galilah informasi tentang nilai yang ada dalam suatu lokasi. Anda perlu tanyakan suasana di lingkungan tersebut apakah cukup kondusif atau ada kendala-kendala lain yang cukup berarti. Anda perlu pahami faktor-faktor pendukung lingkungan seperti, infrastruktur; air bersih, listrik serta pembuangan limbah dan sampah, kemudahan perijinan; ijin usaha, IMB, notaris dan balik nama.

3.      Bacalah berita dan laporan perkembangan investasi ekonomi di wilayah tersebut. Faktor makro ekonomi suatu wilayah akan turut menentukan kesuksesan anda dalam berinvestasi properti dan real estate.

4.      Kunjungi dan sempatkan beberapa lama tinggal di lokasi tersebut. Rasakan sendiri suasana lingkungan dan berbicaralah dengan warga setempat dan tanyakan tentang lingkungan dan kondisi pertanahan setempat.

5.      Pahamilah masalah pengelolaan properti anda. Investasi properti membutuhkan cukup waktu untuk mempertimbangkan. Begitu anda telah membeli suatu rumah, ruko atau jenis properti lainnya maka perlu anda pikirkan resiko dan tanggung jawab terkait dengan properti tersebut, seperti: masalah biaya perawatan, perbaikan dan renovasi, pembayaran pajak dan bagaimana mencari penyewa atau mengelola usaha dalam properti itu. Apakah semua biaya yang kita keluarkan tersebut cukup seimbang dengan pendapatan yang mungkin akan kita dapatkan ?

Berinvestasi bidang properti dan real estate bisa sangat beresiko sekalipun dalam kondisi pasar yang menjanjikan. Memahami kondisi atau karakter suatu lokasi secara seksama akan sangat memudahkan kita dalam menjalankan investasi. Namun masuk suatu lokasi dalam kondisi buta hanya akan membuahkan kekecewaan.

Sebelum membeli suatu obyek properti, dengan mempelajari lima langkah tersebut di atas akan menuntun anda mendapatkan tujuan yang anda inginkan. Pastikan anda telah memahami market lokal sebelum mengambil keputusan.

Tidak ada komentar: